Klik Gambar untuk Info Promo di Shopee

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan moisturizer dan sunscreen kira-kira terletak pada apanya ya? Mungkin kamu juga penasaran tentang dua skincare ini kalau sudah mampir di sini.

Soalnya kan sekarang ini udah banyak tuh pelembab yang juga ada kandungan SPF-nya. Nah, bingung kan? Sama, hehehe.

Yaudah, mending langsung kita cari tahu bersama apa bedanya moisturizer dan sunscreen.

Sunscreen dan Moisturizer

Sebelum ke perbedaan antara sunscreen dan moisturizer, kita samakan dulu pengertian keduanya.

Sunscreen

Sunscreen atau kita kenal juga dengan sebutan tabir surya atau sunblock, adalah skincare yang digunakna untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Bentuk sunscreen ada berbagai macam, seperti lotion, cream, gel, semprotan, dan lainnya.

Ada tiga jenis sunscreen, chemical, physical, dan hybrid. Ketiganya ini dilengkapi dengan bahan aktif yang dapat memfilter UV agar tidak masuk ke dalam kulit kita.

Kalau kamu penasaran, bisa baca artikel tentang apakah sunscreen dulu atau day cream dulu.

Moisturizer

Moisturizer biasa juga dikenal dengan pelembap, merupakan skincare yang berbentuk krim atau gel. Fungsi dari skincare ini adalah untuk menjaga kelembapan dan juga tekstur wajah kita.

Tapi, moisturizer ini sejatinya nggak bisa melindungi wajah dari sinar UV. Hingga akhirnya ada inovasi moisturizer dengan SPF yang diklaim dapat melembapkan dan juga melindungi wajah dari sinar UV.

Nah, tapi ternyata, istilah moisturizer dan pelembap ada bedanya lho. Simak artikelnya di website kita tercinta ya, haucar.com.

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

perbedaan sunscreen dan moisturizer
unsplash.com

Nah, masuk ke intinya nih, tentang apa perbedaan moisturizer dan sunscreen. Beda keduanya itu ada di beberapa hal, seperti fungsi, tekstur, manfaat, kandungan, dll.

Fungsi

Perbedaan moisturizer dan sunscreen yang pertama adalah dari fungsinya. Moisturizer berfungsi melembapkan serta menghidrasi kulit yang kering.

Sedangkan manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari sinar UV. Entah itu memantulkan atau menyerap sinar matahari.

Kalau kamu menemukan moisturizer yang punya banyak manfaat, mungkin saja itu day cream. Kamu bisa lihat perbedaan antara moisturizer dan day cream juga ya.

Kandungan

Perbedaan moisturizer dan sunscreen selanjutnya ada di kandungan bahannya.

Ingredients atau kandungan bahan yang digunakan untuk membuat sunscreen dan moisturizer juga nggak sama.

Di dalam moisturizer, ada bahan yang bersifat humektan. Sehingga, molekul air di udara bisa ditarik untuk melembapkan kulit. Bukan cuma itu, molekul air tersebut juga akan ditahan agar tidak mudah menguap di udara.

Bahan untuk hydrating yang biasanya digunakan seperti Hyaluronic Acid, madu, lidah buaya, urea, Lactic Acid, Dimethicone, Glycerol, mineral oils, petroleum, dan PCA.

Berbeda dengan sunscreen yang kandugannya merupakan bahan aktif fisik. Contohnya seperti Paraben, Oxybenzone, Homosalate, Avobenzone. Atau bisa juga bahan kimia aktif seperti Zinc Oxide dan Titamium Dioxide.

Tekstur

Perbedaan moisturizer dan sunscreen berikutnya adalah tekstru produk. Moisturizer memiliki tekstur yang lebih ringan daripada jenis pelembab lain.

Dengan teksturnya yang ringan, maka moisturizer akan lebih cepat meresap ke dalam kulit. Hal ini tentu saja membuat kulit terhidrasi dengan cepatl.

Kalau sunscreen, tekturnya lebih ringan daripada sunblock. Sunscreen biasanya tidak akan meninggalkan bekas setelah kita mengaplikasikannya ke wajah.

Kalau dibandingkan, tekstur moisturizer biasanya lebih ringan daripada sunscreen.

Lebih Penting Moisturizer atau Sunscreen?

lebih penting moisturizer atau sunscreen
unsplash.com

Nah, selain perbedaan moisturizer dan sunscreen, mungkin ada yang bertanya, penting mana sih antara pakai moisturizer atau sunscreen?

Sebenarnya, kita bisa menggunakan kedua produk ini dalam satu rangkaian skincare. Kalaupun disuruh memilih, mungkin pakai moisturizer saja bisa.

Kamu tinggal cari moisturizer yang punya kandungan SPF di dalamnya. SPF ini fungsinya mirip seperti pada sunscree, untuk menangkal sinar UV.

Pakai Sunscreen Tanpa Moisturizer

Apakah boleh memakai sunscreen tanpa moisturizer?

Jangan lakukan hal tersebut ya. Soalnya, kalau kita sering menggunakan sunscreen tanpa pelembap terlebih dahulu, bisa bikin wajah jadi kering.

Urutan Pakai Moisturizer dan Sunscreen

Sebelum kamu menggunakan sunscreen, ada rangkaian skincare harian yang biasanya digunakan.

Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan pembersih wajah > masker (kalau mau) > toner > serum (bisa dilanjutkan dengan essence) > moisturizer > sunscreen.

Jadi, gunakan moisturizer duluan, tunggu sampai meresap, baru setelah itu pakai sunscreen.

Kalau kamu mau pakai makeup seperti BB Cream atau bedak misalnya, gunakan setelah selsai dengan daily routine skincare-nya ya.

Rekomendasi Moisturizer dan Sunscreen

Berikut ini ada beberapa produk yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih produk skincare dari berbagai merk yang ada ya. Misalnya Wardah, Emina, Kahf, dll.

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Rekomendasi produk moisturizer + sunscreen lokal yang pertama adalah dari Emina. Produk ini bisa jadi pilihan buat yang punya buget pas-pasan agar kulit tetap terhidrasi dan terlindungi.

Produk yang dijual dengan harga sekitar 25 ribuan ini punya SPF 15 dan ekstrak summer plum. Moisturizer dan sunscreen Emina ini, selain melindungi kulit, juga dapat mencerahkan dan juga menghilangkan kulit yang kusam.

Gizi Daily Nutrition Cream SPF 18

Sunscreen moisturizer jadi satu? Mungkin bukan jadi satu sih, tapi moisturizer yang ada kandungan SPF di dalamnya. Kamu bisa coba Gizi Daily Nutrition Cream SPF 18.

Produk moisturizer ini diklaim terbuat dari 7 bahan herbal Indonesia, ada buah bligo, rumput laut, pepaya, kedelai, beras, jeruk nipis, dan lidah buaya.

Tekstur produk ini creami tetapi mudah di-blend kok. Untuk harganya, kamu bisa beli dengan kisaran harga 50 ribu rupiah.

Wardah Perfect Bright Moisturizer SFP 28

Sunscreen moisturizer Wardah yang satu ini bisa juga kamu coba. Produk pelembab halal ini diformulasikan dengan pH balance. Ketika digunakan akan terasa nyaman dan berfungsi melembapkan kulit dan membuat kulit lebih halus.

Cetaphil Daily Facial Moisturizer

Sunscreen moisturizer untuk kulit berminyak yang satu ini adalah produk dari Cetaphil. Produk ini bukan cuma untuk yang punya kulit berminyak saja ya, tapi semua jenis kulit.

Bahkan, untuk yang punya kulit sensitif, Cetaphil Daily Facial Moisturizer juga bisa kamu gunakan. Produk ini tuh nggak pakek alkohol alias alcohol free, jadi pastinya aman banget.

Selain melembapkan, kandungan SPF 15 PA++ di dalamnya, membuat kulit tetap terlindungi walaupun berada di bawah terik matahari.

Penutup

Perbedaan moisturizer dan sunscreen di atas semoga cukup menjawab rasa penasaran kamu ya.

Kalau dirangkum, beda sunscreen dan moisrutizer itu ada di fungsinya, kandungan, dan teksturnya.

FAQ

Apakah moisturizer dan sunscreen itu sama?

Moisturizer dan sunscreen itu berbeda. Moisturizer digunakan untuk melembapkan kulit, sedangkan sunscreen berfungsi melindungi kulit dari sinar UV.

Pakai moisturizer dulu apa sunscreen?

Gunakan moisturizer terlebih dahulu sebelum menggunakan sunscreen. Pastikan moisturizer yang kamu gunakan sudah meresap dengan sempurna, baru kemudian kamu bisa pakai sunscreen.

Apakah moisturizer bisa diganti dengan sunscreen?

Moisturizer tidak bisa diganti dengan sunscreen ya. Sebab, keduanya punya fungsi yang berbeda. Kalau kamu meninggalkan moisturizer dan hanya pakai sunscreen, bisa-bisa kulit jadi kering.

Apakah sunscreen mengandung moisturizer?

Ada produk yang juga memasukkan bahan moisturzer ke dalam sunscreen. Hal ini bertujuan menghindari kulit menjadi kering ketika kita memakai produk sunscreen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.