Perbedaan Moisturizer dan Pelembab Wajah [Lengkap]

Apa perbedaan moisturizer dan pelembab untuk kulit wajah? Apakah hanya beda di penyebutan dengan bahasa Indonesia dan asing saja?

Ternyata, bukan hanya namanya saja yang berbeda. Moisturizer dengan pelembab juga berbeda dari sisi kandungan bahan atau ingredients-nya.

Untuk pembahasan lengkap, simak rangkumannya di bawah ini.

Apa itu Moisturizer?

Moisturizer adalah produk skincare yang memiliki fungsi utama untuk menghidrasi kulit dan mengunci kelembapannya tersebut. Jadi, wajah akan dilembapkan kemudian dijaga agar tetap lembap setelah kita memakai produk ini.

Apa itu Pelembab?

Pelembab atau kalau di KBBI yang bener itu pelembap adalah produk perawatan kulit untuk menjaga kelembapan yang ada di kulit. Jadi, kulit yang sudah memiliki kelembapan akan dijaga dengan baik oleh produk ini.

Sudah tahu kan dari pengertiannya saja sudah terasa bedanya ya?

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab Wajah

beda antara pelembab dan moisturizer
gramedia.com

Walaupun punya fungsi yang sama untuk menjaga kelembapan kulit, tapi ada perbedaan moisturizer dan pelembab lho.

Kandungan Bahan

Perbedaan moisturizer dan pelembab yang pertama ini adalah dari ingredients-nya. Biasanya, moisturizer kandungan bahan aktifnya adalah glycerol, glycerin, hyaluronic acid, madu, lidah buaya, lactic acid, PCA, dan urea.

Itu bahan-bahan yang umum digunakan untuk membuat moisturizer. Bahan tersebut sifatnya adalah humektan, yaitu sifat yang dapat menarik molekul air dari udara untuk menghidrasi kulit wajah atau lapisan dalam kulit.

Kandunga bahan yang ada di pelembab biasanya bersifat emolien. Yaitu sifat dari bahan yang bisa mengisi celah-celah lapisan sel kulit untuk membuat lapisan di permukaan kulit dan bisa memperbaiki skin barrier.

Bahan emolien ini contohnya adalah minyak, asam lemak, ceramide, lipid, dan butter. Selain itu, pelembab biasanya juga mengandung bahan kosmetik untuk mengatasi masalah di kulit wajah.

Contoh bahan yang digunakan seperti niacinamide untuk mencerahkan, vitamin C dan turunannya untuk memudarkan flek hitam, dan retinol untk mengatasi kerutan dan jerawat.

Manfaat atau Khasiat

Kalau manfaat, sebelumnya sudah dibahas sedikit ya perbedaan moisturizer dan pelembab.

Moisturizer memiliki manfaat yang bisa menghidrasi dan melembapkan kulit dengan menahan kandungan air pada permukaan kulit. Jadi, Produk moisturizer, manfaatnya akan lebih terasa untuk orang yang kulitnya kering.

Hal tersebut karena kulit kering atau dehidrasi membutuhkan produk yang bisa menghidrasi. Selain menghidrasi butuhh juga yang bisa menjaga kelembapan juga.

Pelembab manfaatnya adalah menjaga kelembapan yang sudah dimiliki kulit serta mengatasi masalahnya. Jadi, pelembab ini bisa disamakan dengan skin barrier yang melindungi kulit dari gangguan luar.

Selain itu, pelembab juga mencegah kandungan air yang ada di kulit menguap dengan cepat lewat pori-pori.

Pelembab juga memiliki fungsi lain seperti mencerahkan, memudarkan noda hitam, mengatasi jerawat, menyamarkan kerutan, dan lain lain. Jadi, kondisi kulit setelah pakai pelembab diharapkan menjadi lebih sehat.

Waktu Pemakaian

Perbedaan moisturizer dan pelembab yang selanjutnya adalah dari waktu kita memakai skincare-nya.

Moisturizer bisa kita gunakan setiap waktu, saat wajah terasa kering. Hal ini karena tekstur moisturizer lebih ringan dibandingkan pelembab. Jadi produknya akan cepat meresap ke dalam kulit dan langsung menghidrasi.

Pelembab dipakainya saat pagi dan malam hari saja. Soalnya, pelembab pagi ada kandungan SPF dan PA yang bertindak sebagai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Kalau dipakai malam hari, pelembab biasanya mengandung bahan aktif untuk menutrisi kulit di dalam hari ketika sedang regenerasi.

Gimana? Udah tahu bedanya kan? Mungkin kamu juga penasaran sama perbedaan antar moisturizer dan day cream juga? Bisa baca artikelnya di Haucar.com ya.

Penutup

bedanya moisturizer dengan pelembab
klikdokter.com

Setelah tahu bedanya, kalau ditanya lebih bagus pelembab atau moisturizer, tentu kamu sudah bisa menjawabnya kan?

Keduanya sama-sama bagus ya, soalnya perbedaan moisturizer dan pelembab ini sesuai dengan fungsinya. Jadi memang butuh keduanya ya kalau kulit kita bermasalah.

Begitu juga kalau ada yang tanya apakah boleh memakai pelembab dan moisturizer? Tentu saja boleh banget karena keduanya beda fungsi.

Moisturizer itu untuk menghidrasi dan melembapkan, kalau pelembab untuk menjaga kelembapan. Terus, pelembab juga punya fungsi lainnya, mungkin bisa kita sebut dengan day cream dan night cream ya.

Untuk rekomendasi brand-nya sendiri, ada banyak yang bisa kamu coba, dari yang paling mudah dicari seperti Viva, Emina, Wardah, Garnier, sampai produk dari luar negeri. Tinggal pilih aja moisturizing atau pelembab mana yang cocok dengan kulit kamu.

Pertanyaan

Ada pertanyaan lain yang masih berhubungan dengan perbedaan moisturizer dan pelembab? Bisa lihat beberapa di antaranya di bawah ini.

Apakah pelembab dan moisturizing sama?

Pelembab dan moisturizer itu berbeda. Pelembab fungsinya menjaga kelembapan yang sudah ada di kulit dan menutrisi kulit. Moisturizer akan menghidrasi sekaligus menjaga kelembapan yang ada di kulit.

Moisturizer itu apa ya?

Moisturizer adalah produk skincare yang menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Fungsinya untuk mengatasi kulit dehidrasi atau kering.

Moisturizer dan krim bedanya apa?

Moisturizer dan krim bisa dikatakan sama. Sebab, moisturizer juga ada yang berbentuk krim berwarna putih untuk perawatan kulit kita.

Kapan waktu yang tepat untuk memakai moisturizer?

Moisturizer dapat kamu gunakan setiap saat, ketika merasa kulit kering.

Moisturizer atau pelembab dulu?

Saat pagi, kamu bisa menggunakan moisturizer terlebih dahulu baru kemudian setelah meresap ke dalam kulit, baru gunakan pelembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.