Perbedaan Face Oil dan Serum – Apa Saja Bedanya?

Perbedaan face oil dan serum itu ternyata ada lho. Walaupun tampilan dari luar mirip, terutama kemasannya ya, tapi ada bedanya.

Kalau kamu kebingungan dengan kedua skincare ini, pas banget. Di artikel ini akan dibahas lengkap tentang beda antara serum dan face oil.

Simak artikel ini sampai selesai ya. Biar jadi tahu tentang keduanya. Soalnya kita nggak cuma bahas perbedaan face oil dan serum aja. Tapi, ada beberapa informasi tambahan lainnya.

Apa itu Face Oil?

face oil
unsplash.com

Face oil adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang berasal dari ekstrak daun, bunga, dan akar tumbuhan. Bentuknya adalah minyak kental, memiliki kandungan asam lemak esensial yang baik untuk kulit kita.

Manfaat Face Oil

Tentu ada pertanyaan kan, face oil untuk apa?

Ada banyak kegunaan dari skincare yang satu ini:

  • Melindungi kulit
  • Mengurangi munculnya kerutan
  • Mengatasi jerawat
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mengatasi kulit meradang

Apa itu Serum?

serum
unsplash.com

Serum adalah salah satu jenis skincare yang memiliki tekstur ringan dan secara umum tidak mengandung minyak. Bentuk dari serum ini ada berbagai macam, gel, krim, dan bahkan ada yang mirip seperti air.

Manfaat Serum

Serum juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit kita.

  • Menghilangkan flek hitam
  • Melembabkan kulit wajah
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Asupan antioksidan untuk kulit
  • Mengurangi tanda penuaan (kerutan)
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mengatasi jerawat

Ternyata, memang kedua produk skincare ini berbeda sekali ya. Walaupun manfaatnya tentu ada kesamaan dan semuanya bagus untuk kulit.

Lalu apa perbedaan face oil dan serum? Kita simak apa bedanya kedua produk ini.

Apa Perbedaan Face Oil dan Serum?

perbedaan serum dan face oil
unsplash.com

Perbedaan serum dan face oil tentu bukan hanya dari kandungan bahan pembuatnya saja. Ada hal lain yang membedakan kedua skincare ini.

Tekstur

Terkstur dari kedua produk ini tuh berbeda.

Serum memiliki tekstur yang beragam, dari yang encer seperti air, sampai kental seperti gel. Beda tekstur pada serum ini tentu disesuaikan dengan masalah kulit yang dihadapi dan jenis kulit konsumen.

Face oil punya tekstur pekat dan oily (karena terbuat dari minyak). Ketika diaplikasikan ke kulit, maka akan terasa berminyak.

Kandungan Bahan

Serum mengandung bahan yang dapat larut dalam air dengan konsentrasi tinggi. Seperti ekstrak buah, aloe, hyaluronic acid.

Face oil mengandung ekstrak tumbuhan dan minyak esensial. Contohnya rosehip, jojoba, argan, dan seabuckthorn.

Selain perbedaan face oil dan serum, kamu harus tahu juga harus tahu produk original dan KW ya. Seperti misalnya cara membedakan serum Scarlett yang asli dan palsu.

Face Oil atau Serum Dulu

Terus, kita harus pakai serum atau face oil terlebih dahulu?

Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, gunakan produk dengan tekstur ringan dulu. Karena, skincare yang teksturnya ringan cenderung lebih mudah meresap ke kulit. Baru setelah itu gunakan skincare lainnya.

Jadi, kalau kamu ingin menggunakan face oil dan serum, pakailah serum lebih dahulu. Soalnya tekstur serum itu ringan dan larut dalam air.

Setelah kamu cuci muka untuk membersihkan wajah, gunakan toner, baru setelah itu serum. Tapi, kalau kamu pakai essence, gunakan sebelum pakai serum ya. Kemudian tutup dengan produk bertekstur pekat seperti face oil.

Penutup

Perbedaan face oil dan serum ternyata nggak banyak ya. Cuma dari segi bahan, kandungan, tekstur, urutan pemakaian, dan tentu merek.

Kamu bisa mendapatkan face oil dan serum dari brand-brand terkenal seperti Luxurious, Somethinc, Wardah, Bio Oil, Crystallure, dan masih banyak lagi produk face oil serum yang bagus.

Pertanyaan

Apa perbedaan serum dan face oil?

Serum memiliki tekstur yang ringan sedangkan face oil kental dan oily. Serum menggunakan bahan yang larut di dalam air, sedangkan face oil bahannya adalah essensial oil dari ekstrak tumbuhan.

Face oil serum dipakai kapan?

Kamu bisa menggunakan pagi dan malam hari agar mendapatkan hasil maksimal. Tapi, untuk kulit berminyak, sebaiknya face oil digunakan saat malam hari saja sebelum pakai moisturizer.

Apakah Tamanu Oil merupakan serum?

Tamanu Oil seperti namanya, merupakan face oil yang dibuat dari ekstrak tumbuhan dan bahan lainnya.

Apakah pelembab bisa diganti dengan face oil?

Sebenarnya, face oil juga bisa digunakan sebagai pelembab. Tetapi, face oil tidak memiliki efek memperbaiki seperti yang ada pada moisturizer.

Apakah Bio Oil termasuk face oil?

Bio Oil termasuk ke dalam face oil. Di dalamnya terdapat kandungan seperti vitamin A, vitamin E, minyak calendula, minyak rosemary, minyak lavender, minyak chamomile, dan minyak purcellin.

Pakai moisturizer dulu apa serum dulu?

Gunakan serum terlebih dahulu, minimal 5 menit sebelum kamu mengaplikasikan moisturizer.

Apa saja merk face oil?

Wardah Pure Olive Oil, Wangsa Jepita Face It, Organic Supply Marula Oir, Bio Oil, Haple Grapeseed Oil, Purivera Botanical, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.