krim pemutih wajah yang aman di apotik

Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotek

Krim pemutih wajah yang aman di apotek itu apa aja sih merk-nya?

Nah, pasti kamu pernah ada pertanyaan seperti itu kalau udah mampir ke sini. Antara takut mau beli online karena ragu aman atau tidak. Atau mungkin pengen cari yang udah terpercaya dengan beli di apotek.

Memang harus seperti itu ya, apalagi di zaman seperti sekarang ini. Kita harus lebih berhati-hati memilih produk perawatan kulit.

Bukan cuma untuk wanita saja, untuk pria juga harus dipilih dengan hati-hati. Sebab, produk yang dijual di pasaran belum tentu aman. Apalagi kalau nggak lolos uji BPOM, wajib ditelusuri tuh produknya.

Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotek

Berikut ini adalah krim pemutih wajah yang aman di apotik dan terbukti khasiatnya.Tapi, ada yang perlu digaris bawahi nih. Krim di bawah ini adalah obat keras. Jadi, kalau mau membelinya harus dengan resep dokter ya.

Kamu jangan sembarangan beli produk ini. Karena masuk golongan obat keras, jadi cuma bisa dibeli dengan resep dari dokter.

1. Retin-A Tretinoin Cream 0.05%

Retin-A Tretinoin Cream
starsskincare.com

Retin-A Tretinoin Cream 0.05% adalah zat aktif yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain itu, bisa juga memudarkan bekas jerawat, flek hitam, dan mengatasi komedo.

Kalau kamu menggunakan produk ini secara rutin, selain wajah bebas dari jerawat, muka kita juga jadi lebih bersih dan putih tentunya.

Krim ini berwarna putih dengan tekstur yang cair. Keuntungan tekstur yang cair tentu lebih cepat meresap ke kulit.

Nah, buat yang mau pakai produk ini, ada yang harus diingat ya. Kebanyakan krim pemutih wajah biasanya membuat kulit jadi sensitif jika terkena sinar matahari.

Jadi, sangat disarankan menggunakan sunblock setelah menggunakan produk ini. Apalagi kalau kamu beraktivitas di luar rumah, wajib banget pakai sunscreen.

2. Cerave Moisturizing Facial Lotion PM

Cerave Moisturizing Facial Lotion PM
makeupandbeauty.com

Produk krim pemutih wajah yang aman di apotik selanjutnya adalah Cerave. Kandungan yang terdapat di produk ini antara lain adalah hyaluronic acid, ceramide, dan niacinamide.

Ketiga kandungan tersebut berfungsi untuk melembapkan kulit.

Saat digunakan, produk ini juga nggak terasa lengket. Diaplikasikan ke wajah terasa ringan. Bahkan, buat yang punya kulit sensitif tetap aman kok menggunakan Cerave Moisturizing Facial Lotion PM ini.

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan produk ini.

  • Ketika digunakan tidak terasa lengket dan ringan, sehingga nyaman dipakai.
  • Tidak meninggalkan residu di kulit karena cepat meresap ke dalam kulit.
  • Jika rutin digunakan akan membantu memulihkan kondisi kulit.
  • Cocok untuk pemilik kulit sensitif karena tidak menyebabkan iritasi.

Lumayan kan keunggulan dan manfaat dari produk ini?

Untuk cara penggunaannya, cukup bersihkan wajah terlebih dahulu, baru aplikasikan krim ke wajah. Tipis-tipis aja pengaplikasiannya.

Nah, yang lumayan itu harganya. Untuk kemasan ukuran 80 ml, harga produk ini sudah ratusan ribu rupiah.

3. Vitaquin

Vitaquin
csuliamto.blogspot.com

Krim pemutih wajah yang aman di apotek berikutnya adalah Vitaquin. Vitaquin merupakan krim pemutih yang bisa dibeli dengan resep dokter. Terdapat 5% hydroquinone yang berfungsi memutihkan kulit wajah.

Awal menggunakan produk ini, kulit bisa mengelupas dan jadi kering. Tapi tenang, itu normal di awal pemakaian.

Lanjutkan saja pemakaiannya, barengi dengan penggunaan pelembap wajah. Jangan lupa minum air putih yang cukup agar kulit terhidrasi dengan baik.

Pemakaian Vitaquin ini biasanya untuk mencerahkan kembali kulit wajah yang belang atau kusam. Bisa karena kurang perawatan, flek hitam, hiperpigmentasi, bekas jerawat, melasma, dan masalah kulit lainnya.

Masalah kulit tersebut bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya karena obat hormon, cedera kulit, pil kontrasepsi, atau proses kehamilan.

Ada catatan penggunaan krim pemutih ini nih. Sebaiknya gunakan produk ini sebelum tidur dan oleskan secara tipis saja.

Sebab, tekstur produk ini tuh creamy. Jadi, setelah digunakan terasa agak berat.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa beli di apotek terdekat. Tentu saja dengan anjuran atau resep dokter ya. Soalnya Vitaquin ini merupakan obat keras.

Vitaquin dijual di kisaran harga 70 ribuan.

4. Melanox

Melanox
dwilestariyuniawati.wordpress.com

Melanox ini seperti Vitaquin, kandungannya sama-sama hydroquinone. Bedanya, kadar hydroquinone di dalam Melanox lebih sedikit, ada yang 2% atau 4%.

Lagi-lagi, produk ini merupakan golongan obat keras ya. Jadi, penggunannya harus sesuai dengan arahan dari dokter.

Penggunaannya sama kok seperti Vitaquin. Aplikasikan di wajah dengan tipis saja dan lakukan sebelum tidur setelah membersihkan wajah.

Selain untuk memutihkan wajah, Melanox juga bisa menghilangkan flek hitam ataupun bintik bekas jerawat.

5. Mediquin Hydroquinone 5%

Mediquin Hydroquinone
lazada.co.id

Ada lagi nih merk cream pemutih wajah paling ampuh di apotik. Kandungan produk ini sama seperti Vitaquin dan Melanox, yaitu hydroquinone.

Mediquin juga merupakan obat keras, selain harus dengan resep dokter, penggunaan produk ini hanya jangka pendek saja. Bisa mengatasi kulit gelap, caranya adalah dengan menghalangi hiperpigmentasi kulit.

Bukan hanya membuat kulit menjadi lebih putih, bekas jerawat dan bintik hitam di wajah juga bisa dikurangi.

Cara Penggunaan Krim

cream memutihkan wajah dengan cepat dan aman
unsplash.com

Karena kebanyakan krim di atas merupakan obat keras, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Kamu bisa mengikuti cara menggunakan krim pemutih wajah berikut ini.

  • Selalu ikuti resep dokter dan ikuti petunjuk penggunaan yang ada di kemasan krim pemutih.
  • Sebelum digunakan di wajah, coba dulu krim pemutih di tangan dan tunggu selama 24 jam. Jika tidak cocok atau muncul iritasi, hentikan pemakaian krim. Kalau tidak muncul gejala efek samping, bisa lanjutkan penggunaannya.
  • Hindari mengaplikasikan krim di area mata, hidung, dan mulut. Kalau terkena area tersebut, segera siram dengan air yang banyak.
  • Penggunaan krim pemutih mengakibatkan kulit jadi lebih sensitif ketika terkenal sinar matahari. Gunakan sunscreen ketika keluar rumah atau sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan sinar matahari.
  • Agar hasil optimal, gunakan krim pemutih setiap hari sesuai dengan arahan dokter.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Nah, informasi ini juga nggak kalah penting nih. Jadi, sebelum membeli krim pemutih wajah yang aman di apotek, ada beberapa peringatan berikut ini.

  • Tanyakan pada dokter atau apoteker, apakah krim yang akan digunakan aman jika ada masalah kesehatan tertentu. Misalnya seperti gangguan ginjal, asma, liver, atau jika kamu pengguna obat antibiotik.
  • Jangan menggunakan krim jika ada alergi terhadap salah satu kandungan di dalam produknya. Salah satunya adalah hydroquinone.
  • Hanya usia 13 tahun ke atas saja yang dibolehkan menggunakan krim pemutih.
  • Jika terdapat luka terbuka yang masih basah, kulit kering, dan iritasi hindari menggunakan krim pemutih.
  • Jika sedang hamil dan menyusui, tanyakan kepada dokter apakah penggunaan produk pemutih aman atau tidak.

Memilih Krim Pemutih yang Aman

krim pemutih wajah yang aman di apotek
unsplash.com

Buat yang ingin mencari krim pemutih yang tidak masuk ke dalam obat keras, ada beberapa tips nih buat kamu.

1. Lihat Ingredients

Sebelum membeli, cari tahu dulu ingredients atau komposisi dengan detail. Periksa, apakah ada bahan pada label kemasan yang berbahaya atau tidak.

Atau, lihat apakah ada komposisi yang bikin kamu jadi alergi.

2. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Beli produk untuk kulit itu sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit kamu. Caranya? Kamu bisa konsultasikan dulu dengan dokter.

Konsultasi ke dokter ini cara yang paling benar sih. Jadi nanti dokter bisa membantu kita memilih krim pemutih yang aman dan cocok untuk kita.

3. Pilih yang Alami

Kalau kamu takut menggunakan bahan kimia, coba gunakan produk dengan bahan alami. Produk dengan bahan yang alami dijadikan pilihan karena risiko efek sampingnya kecil.

4. Izin BPOM

Karena krim pemutih termasuk obat, pastikan produk yang akan kamu beli ini memiliki izin dari BPOM. Biasanya ada kok nomor dari BPOM yang bisa kamu cek langsung di website BPOM.

5. Hindari Krim Pemutih Berbahaya

Kalau produk yang akan kamu beli ternyata tidak berizin atau tidak tahu keasliannya, lebih baik hindari.

Sayangi kulit wajah kamu dengan menghindari produk yang tidak pasti formula atau keasliannya. Dari pada terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penutup

Nah, itu beberapa cream pemutih wajah BPOM di apotik. Kamu bisa mendapatkannya di apotek terdekat seperti K24, Kimia Farma, Viva, Guardian, Watson, dan toko obat lainnya.

Kalau kamu menemukan krim pemutih dengan claim cream memutihkan wajah dalam 7 hari, cepat putihnya, untuk pria dan wanita, paling ampuh, pastikan dulu izin BPOM-nya.

Jangan tergiur ingin cepat putih lalu membeli cream yang dijual bebas di pasaran tanpa tahu keamanannya. Jangan juga tergiur dengan harga yang murah ya.

Lebih baik menerima keadaan kulit dan merawatnya dengan baik. Apalagi kalau kamu masih usia remaja 14, 15, 16 tahun. Rawat saja dengan skincare yang cocok dengan kulit kamu ya.

Semoga kita terhindar dari membeli krim pemutih abal-abal dan berbahaya 🙂

Sekian artikel krim pemutih wajah yang aman di apotek ya. Sampai jumpa lagi 🙂

Leave a Comment!