cara membedakan sabun pepaya asli dan palsu

Cara Membedakan Sabun Pepaya Asli dan Palsu (RDL)

Cara membedakan sabun pepaya asli dan palsu itu gimana?

Kita simak bersama ulasan produk original dan yang KW berikut ini ya.

Buat kamu yang mampir ke sini tentu sudah tahu sama sabun pepaya kan? Sabun yang bahan utamanya konon adalah buah pepaya. Dan, salah satu produk yang paling terkenal bukan berasal dari Indonesia.

Ya, produk sabun pepaya yang paling terkenal itu dari Filipina. Sabun ini buatan dari perusahaan bernama RDL Pharmaceutical Laboratory. Makanya dikenal juga dengan RDL Papaya Whitening Soap.

Saking terkenalnya sabun ini, mulai ada yang memalsukan lho. Nah, agar kamu waspada dan berhati-hati, simak cara membedakannya.

Cara Membedakan Sabun Pepaya Asli dan Palsu

cara membedakan sabun pepaya asli dan palsu
bukalapak.com

Perbedaan sabun yang asli dan palsu bisa kamu lihat mulai dari kemasan sampai ke produknya ya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara membedakan sabun pepaya asli dan palsu.

Kemasan

Di kemasan produk asli akan terdapat izin dari BPOM. Kalau produk palsu, tidak tertera izin dari BPOM pada kemasannya.

Kamu bisa tuh cek langsung kemasannya ketika akan membeli.

Ada lagi nih, setelah kamu mengeluarkan sabun dari kemasan kardus, akan ada kemasan lagi. Kemasan bagian dalam ini merupakan bungkus plastik yang terdapat logo RDL.

Aroma

Sabun asli memiliki bau yang segar dan tidak terlalu tajam. Sedangkan yang palsu, baunya tidak ada pepaya-pepayanya. Terus kalau kamu cium produk palsu, akan sedikit tajam menusuk hidung.

Tekstur

Sabun yang asli memiliki bentuk kota dan warnanya orange. Ada juga cetakan logo RDL di bagian tengah sabun.

Tekstur dari produk asli lembut dan campuran bahannya homogen atau tercampur rata. Kalau produk palsu, teksturnya kasar.

Harga

Nah, yang paling kentara dari harganya sih kalau kamu mau beli online. Produk yang asli harganya nggak murah banget. Kalau yang palsu, pasti banting harga deh, atau dijual dengan murah banget.

Harga produk asli itu di kisaran 20-an ribu rupiah. Kalau kamu mau beli, pastikan harganya tidak terlampau jauh. Jika beli online, lihat review dari konsumen yang sudah pernah beli. Apakah testimoni bagus atau tidak.

Nomor Barcode dan BPOM

Kamu bisa cek nomor barcode yang ada di kemasan. Untuk nomor barcode produk sabun pepaya RDL adalah 4809010740212.

Kamu bisa cek langsung di upcitemdb.com. Kalau setelah mengetikkan nomor tersebut keluar produk yang sesuai, maka bisa jadi produk yang ada di kamu asli.

Cek juga nomor BPOM-nya, NA40170500158. Ketikkan di website cekbpom.pom.go.id. Nanti akan keluar juga tuh deskripsi produk sabun pepaya.

Tapi, ini salah satu cara mengecek aja ya. Kamu juga harus mengecek hal lainnya, mulai dari aroma, tekstur, harganya juga.

Tentang RDL Papaya Asli

Buat yang masih penasaran sama sabun pepaya yang satu ini, berikut ada sedikit informasinya.

1. Manfaat Sabun Pepaya Asli

Ternyata, ada banyak manfaat yang kamu dapat dari menggunakan sabun papaya asli lho.

  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mencegah dan membantu mengatasi jerawat
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Membuat kulit jadi lebih mulus
  • Menghambat pembentukan pigmentasi berlebih pada kulit
  • Menjaga kesehatan kulit

2. Komposisi Produk

Ingredients dari RDL Papaya yang asli sebagai berikut.

Coconut oil, Water, Sodium hydroxida, Fragrance, Mineral oil, Carica papaya extract, Tocopheryl, Ascorbyl palmitate, Soya bean oil, Retinyl palmitate, Butylated hydroxy toluene, Oxybenzone, CI 45370.

3. Aturan Pakai

Menggunakan RDL Papaya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Nggak boleh dipakai oleh anak 3 tahun ke bawah.
  • Jangan sampai kena mata.
  • Jangan gunakan pada kulit yang terdapat luka terbuka.
  • Jika terasa gatal, hentikan pemakaian.
  • Konsultasikan ke dokter jika muncul keluhan atau gangguan di kulit.

Penutup

Cara membedakan sabun pepaya asli dan palsu itu gampang banget kan?

Nah, buat kamu yang penasaran, buruan deh cobain produknya. Ingat, beli yang asli ya. Produk asli didistribusikan oleh PT. Amosys Indonesia.

Alamatnya ada di Komplek Ruko, Roxy Mas Blok C.1 No. 10-11, Jl. KH Hasyim Ashari No.125, Kel.Cideng, Kec.Gambir, Jakarta Pusat.

Kalau produsennya, ada di Filipina, RDL Papaya Whitening Soap ini diproduksi oleh RDL Pharmaceutical Laboratory, Inc. Catitipan, Diversion Road, Buhangin, Davao City, Philippines 8000.

Semoga artikenya membantu ya 🙂

Leave a Comment!