skincare untuk fungal acne

Skincare untuk Fungal Acne

Skincare untuk fungal acne itu apa aja sih?

Bentar dulu ya, sebelum kita membahas skincare untuk fungal acne, kita cari tahu dulu masalah yang satu ini.

Mungkin masih banyak di antara kita yang nggak tahu tentang fungal acne. Apa saja yang menyebabkan masalah ini, bagaimana ciri-cirinya, proses penyembuhannya seperti apa, dan lain sebagainya.

Untuk itulah, sekarang kita akan mulai terlebih dahulu dengan memberikan sedikit informasi tentang fungal acne. Baru deh setelah itu kita bahas skincare untuk fungal acne.

Apa Sih Fungal Acne Itu?

Buat yang belum tahu nih, fungal acne itu kalau diartikan secara kata adalah jerawat yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyerang ini biasanya adalah Pityrosporum folliculitis atau Malassezia folliculitis.

Tapi sebenarnya, fungal acne ini bukan jerawat ya. Dinamai acne karena acne sendiri berarti inflamasi yang terjadi di kulit dan rambut.

Makanya, masalah kulit ini masih disebut sebagai acne. Tapi, jenisnya berbeda dari jerawat biasanya. Sebab, benjolan di kulit disebabkan kulit yang iritasi akibat perkembangan jamur.

Eits, tapi ini berbeda dari panu ya. Kalau jamuran di kulit kan identik sama panuan tuh, hehehe. Perawatan yang dilakuan pun berbeda antara panuan dan fungal acne.

Apa Sih Penyebab Fungal Acne?

Jerawat jamur ini bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti daerah yang punya kelembaban tinggi, wilayah yang suhunya panas, keringat, minyak, atau kurang bersih.

Tapi, bisa juga terjadi ketika kita sakit dan mengahruskan kita minum antibiotik dalam jangka panjang. Obesitas, hamil, stres, kecapekan, pil KB, dan penggunaan steroid juga bisa jadi pemicu jerawat jenis ini.

Kandungan Skincare yang Sebaiknya Dihindari

Sebenarnya, kulit normal itu punya keseimbangan antara jamur dan bakteri. Tapi, ketika terjadi sesuatu yang nggak bagus, bakteri di kulit bisa hilang secara signifikan. Hal ini akan menyebabkan jamurtumbuh melebihi jumlah yang seharusnya.

Tentu itu akan menyebabkan iritasi, peradangan, dan fungal acne. Biasannya, jamur Pityrosporum ovale tumbuh kurang dari 47%. Tapi, ketika terjadi hal yang tidak normal, jamur tersebut bisa tumbuh sampai 74%.

Nah, salah satu penyebab pertumbuhan jamur itu bisa jadi karena kandungan dari produk skincare.

Biasanya, produk yang memiliki kandungan fatty acid yang bisa memicu. Jadi, nggak harus oils ya, yang ada kandungan fatty acid-nya deh.

Apa aja itu? Berikut ini beberapa kandungan di dalam skincare yang sebaiknya kamu hindari atau lebih bijak dalam memakainya.

  • Lauric / Dodecanoic (C12)
  • Undecylenic Acid (C11)
  • Myristic / Tetradecanoic (C14)
  • Stearic / Octadecanoic (C18)
  • Pentadecanoic (C15)
  • Tridecylic (C13)
  • Margaric (C17)
  • Nonadecylic (C19)
  • Palmitoleic / Hexadecenoic (C16:1)
  • Linoleic (C18:2)
  • Heneicosylic (C21)
  • Oleic / Octadecenoic (C18:1)
  • α-Linolenic (C18:3)
  • Palmitic / Hexadecanoic (C16)
  • Tricosylic (C23
  • Arachidic / Eicosanoic (C20)
  • Behenic / Docosanoic (C22)
  • Lignoceric / Tetracosanoic (C24)

Dari beberapa bahan di atas, Palmatic dan Oleic yang pertumbuhannya paling cepet ya. Jadi kamu harus waspada banget sama dua bahan itu.

Kalau ternyata kamu sudah memiliki fungal acne, tenang dan jangan panik ya. Ada kok cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Kandungan Skincare untuk Fungal Acne

Selain bahan yang sebaiknya dihindari, kamu bisa mencoba produk skincare yang ada kandungan antidote dari fungal acne ini.

Sulfur – bahan ini punya sifat keratinolitik yang bisa melepaskan jamur bersama dengan sel kulit mati.

Ketoconazole – adalah bahan anti mikroba dan anti keratinolitik yang sering ditemukan pada sampo anti ketombe. Bahan ini berfungsi mengurangi gatal dan pertumbuhan fungi yang berlebih.

BHA – merupakan exfoliating agent yang bisa larut dalam minyak. Bahan ini akan bekerja membersihkan pori-pori kulit lebih dalam. Hal ini tentu menguntungkan karena dapat mengangkat minyak berlebih dan juga bertindak sebagai anti jamur.

Honey dan Propolis – memiliki kemampuan sebagai anti mikroba dan anti peradangan yang dapat meredakan kemerahan yang biasanya muncul bersama fungal acne.

Urea – adalah bahan yang punya sifat menarik air dan menahannya dalam kulit. Bahan ini juga dikenal sebagai humektan.

Green Tea Extract – esktrak teh hijau ini dapat membantu menghilangkan jamur di wajah secara alami.

Produk Skincare untuk Fungal Acne

Berikut ini rekomendasi produk skincare untuk fungal acne. Bisa jadi ada yang terbaik di antara produk-produk ini ya. Siapa tahu ada produk lokal yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan harganya murah ya, hehehe.

Produk di bawah ini merupakan rekomendasi dari youtuber Liah Yoo ya.

  • L’Oreal Paris Micellar Cleansing Water
  • KraveBeauty Matcha Hemp Hydrating Cleanser
  • Avene Tolerance Extreme Cleansing Lotion
  • COSRX Snail Mucin Power Essence
  • Skinfood Royal Honey Propolis Essence
  • COSRX Propolis Light Ampule
  • Benton Aloe Propolis Soothing Gel
  • Hada Labo Tokyo Skin Plumping Gel Cream
  • La Roche-Posay Toleriane Fluide
  • CoTZ FACE Natural Tint SPF 40
  • 100% Organic Raw Honey

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat video di bawah ini.

Tips Mencari Skincare yang Aman untuk Fungal Acne

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk hunting skincare yang aman nih.

1. Baca Informasi Tentang Produk

Penting untuk tahu produk yang akan dibeli. Kamu bisa baca-baca review produk tersebut terlebih dahulu.

Kamu bisa masuk ke website SkinCarisma untuk mengetahui apakah suatu produk itu aman untuk fungal acne atau tidak. Tanyakan juga pada COSDNA untuk tahu lebih detil tentang produk yang membuat kamu tertarik.

2. Ketahui Bahan Dalam Produk

Mengetahui ingredients yang safe untuk fungal acne itu juga penting lho. Makanya itu, kamu harus cari tahu, minimal di SkinCarisma dan COSDNA ya.

3. Pelajari Tentang Fungal Acne

Ini juga penting, baca-baca artikel, jurnal, atau buku yang membahas tentang fungal acne. Tujuannya biar apa? Tentu saja agar kamu dapat mengatasi masalah yang terjadi dengan cepat dan tepat.

4. Konsultasi Pada Ahlinya

Kalau tidak menemukan informasi yang dicari, lebih baik langsung tanyakan pada ahlinya. Kamu bisa pergi ke dokter kulit untuk bertanya masalah yang kamu hadapi. Semakin akurat diagnosanya, tentu semakin cepat penganganan yang dilakukan.

Tips Agar Fungal Acne Tidak Makin Subur

  1. Pakai pakaian yang menyerap keringat, karena jerawat jenis ini tidak cuma muncul di wajah saja.
  2. Rajin ganti pakaian apabila sudah berkeringat, jangan gunakan satu baju untuk satu hari full, atau malah selama 24 jam.
  3. Buat yang menggunakan hijab, rutin ganti ciput atau daleman hijab, ganti jilbab, mukena juga.
  4. Gunakan masker dan sering ganti masker untuk kamu yang menggunakan motor. Jangan lupa rajin-rajinlah mencuci helm, agar keringat yang menempel di helm bisa bersih.
  5. Usap area yang terdapat fungal acne ketika berkeringan. Biar kamu tidak merasakan gatal.

Kamu bisa pelajari tentang cara menghilangkan fungal acne dari video di bawah ini ya.

Penutup

Semoga artikel tentang skincare untuk fungal acne dan beberapa informasi lainnya dapat membantu. Semoga kamu menemukan skincare routine yang cocok buatmu dan dapat menghilangkan masalah yang sedang dihadapi. Sampai jumpa lagi 🙂

Leave a Comment!