cara menghilangkan jerawat pasir

Review Menghilangkan Jerawat Pasir

Kali ini kita akan review menghilangkan jerawat pasir ya.

Masalah jerawat ini memang sangat mengganggu, apalagi ketika kita sedang banyak aktivitas di luar. Dengan jerawat yang muncul di wajah, tentu tingkat percaya diri akan berkurang.

Bener nggak?

Apalagi kalau jerawat yang keluar itu banyak banget. Ada di pipi dan juga dahi, bikin pengen nutupin seluruh muka pake masker rasanya.

Jerawat yang banyak ini mungkin saja adalah jerawat pasir. Pengen tahu jenis jerawat apakah ini dan bagaimana cara mengatasinya? Kita simak review menghilangkan jerawat pasir berikut ini ya.

Apa Itu Jerawat Pasir?

review menghilangkan jerawat pasir secara alami
pasmata.com

Sebenarnya, jerawat pasir itu istilah yang digunakan masyarakat kita saja. Jerawat pasir ini ya seperti jerawat pada umumnya, kalau istilah medis, ini tuh disebut jerawat derajat sedang.

Jerawat pasir adalah jerawat yang terbentuk dari komedo putih yang muncul pada daerah di wajah. Tapi, bisa juga merupakan bintik merah kecil dan jerawat merah dengan nanah di dalamnya.

Kebanyakan orang mengalami jerawat ini di bagian pipi, dahi, atau zona T. Daerah tersebut tuh biasanya punya produksi minyak yang lebih banyak.

Jika dilihat, jerawat pasri mirip seperti beruntusan. Bedanya, jenis jerawat ini bisa jadi meradang dan ketika disentuh rasanya sakit.

Penyebab Jerawat Pasir

Jerawat pasir bisa muncul biasanya karena adanya sumbatan kotoran di pori-pori kulit. Bisa karena sel kulit mati, debu, atau sisa makeup.

Ditambah, biasanya kondisi jerawat diperparah dengan adanya produksi minyak yang berlebih di wajah. Ini terjadi ketika remaja mulai masuk ke masa puber.

Nah, di masa puber ini terjadi peningkatan jumlah hormon yang diproduksi. Hormon ini juga bisa mempengaruhi timbulnya jerawat. Apalagi kalau ditambah stres, waaah, bisa muncul jerawat pasir tuh.

Terus, penambahan jerawat juga bisa disebabkan karena kebiasaan memencet jerawat, memegang muka padahal tangan masih kotor. Bahkan nih, mencuci muka secara berlebihan juga bisa membuat komedo di wajah makin parah.

Penggunaan skincare yang tidak cocok juga bisa menyebabkan jerawat muncul lho. Apalagi kalau skincare yang dipakai punya kandungan minyak yang tinggi. Itu bisa banget memperparah penumpukan minyak diwajah.

Kalau dirasa nggak cocok, lebih baik hentikan pemakaian produk skincare yang dipakai dulu ya. Tujuannya buat meminimalisir hal yang mungkin saja jadi penyebab jerawat pasir makin parah.

Skincare atau Obat untuk Mengatasi Jerawat Pasir

Untuk mengatasi jerawat pasir yang jumlahnya nggak sedikit, biasanya diobati menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

Obat yang digunakan biasanya adalah minocycline, doxycycline, erythromycin, atau tetracycline. Obat-obatan ini merupakan antibiotik yang sering digunakan karena memang punya sifat antibakteri.

Tapi ingat ya, sekali lagi INGAT, jangan asal gunakan obat-obatan di atas. Kamu harus terlebih dahulu konsultasi dengan dokter. Soalnya itu obat yang mungkin saja memerlukan resep untuk membelinya.

Kalau obat oleh, biasanya digunakan produk yang mengandung benzoil peroksida, salisilat, atau krim retinoid.

Buat yang mau cobain yang bukan obat, mungkin skincare bisa jadi pilihan.

Menurut pengalaman kak Luna Nailufar di blog-nya lunanailufar.com. Dia menggunakan empat produk perawatan wajah.

  • Sariayu Intensive Acne Care
  • Ponds Overnight Pimple Care Gel
  • Ponds Acne Clear White
  • Melanox Cream (Hydroquinone 2%)

Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Cara Alami

Selain pakai obat dan skincare, kamu bisa cobain cara alami ya. Tapi, cara ini tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada cara di atas.

Pakai Tomat

Tentu kamu tahu tomat kan? Salah satu jenis buah yang punya khasiat untuk merawat kulit wajah. Gimana cara memakai tomat buat mengatasi jerawat pasir? Caranya gampang kok, ikuti saja langkah berikut ini.

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajah seperti biasa, pakai facial wash.
  2. Kemudian tempelkan tomat yang sudah diiris tipis ke seluruh wajah, terutama bagian yang banyak jerawat pasirnya.
  3. Gosokkan tomat tadi secara melingkar, lalu diamkan selama 15-30 menit. Atau, kamu juga bisa mendiamkannya semalam.
  4. Baru setelah selesai bilas menggunakan air bersih.

Lakukan perawatan ini pada malam hari ya. Kalau didiamkan semalam ya sebelum kamu tidur. Agar hasilnya maksimal, gunakan setiap hari.

Maskeran dengan Beras

Beras ini ternyata punya manfaat yang bagus buat kulit lho. Bahkan sampai ada masker yang dibuat berbahan dasar beras. Kamu juga bisa maskeran pakai beras dengan membuatnya sendiri.

  1. Haluskan 1 sendok teh beras, lalu campur dengan 1 sendok teh kunyit bubuk, dan satu butir putih telur ayam.
  2. Aduk semua bahan sampai rata sampai jadi seperti masker.
  3. Aplikasikan masker beras ke seluruh wajah.
  4. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas pakai air hangat.

Kamu bisa menggunakan perawatan wajah dengan masker berasa ini minimal 2-3 kali seminggu.

Menggunakan Teh Hijau

Kamu tentu tahu dong produk skincare yang menggunakan tea tree oil. Nah, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan salah satu bagian pohon teh untuk merawat wajah.

Salah satunya adalah teh hijau. Bahan yang satu ini punya kandungan antioksidan yang bagus banget buat menghambat pertumnbuhan jerawat pasir. Cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan jerawat pasir bisa kamu ikuti langkah berikut.

  1. Ambil 7-9 lembar daun teh hijau yang masih segar, tumbuk sampai halus. Campurkan dengan 1 sendok makan tepung jagung.
  2. Kamu juga bisa menggunakan 1 sendok makan teh hijau bubuk kalau memang nggak ada daun yang segar. Campur sama 1 sendok makan tepung jagung dengan sedikit air.
  3. Campurkan semua bahan sampai tercampur rata mirip masker biasanya.
  4. Gunakan masker untuk scrub wajah.
  5. Gosokkan secara lembut pada daerah yang berjerawat, gosok dengan gerakan melingkar.
  6. Setelah itu bilas dengan air dingin agar pori-pori kulit tertutup kembali.

Tips Mengatasi Jerawat Pasir

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba biar jerawat nggak makin menggila.

  • Selalu jaga kebersihan kulit setiap hari. Gunakan pembersih wajah yang ringan dan tidak berbahan kimia keras.
  • Gunakan juga sunscreen atau tabir surya yang cocok dengan kulit kamu.
  • Jangan memencet atau menggosok wajah yang berjerawat pakai tangan.
  • Selalu keramas secara teratur, jangan cuma seminggu sekali ya tapi. Soalnya, rambut kan kotor dan berminyak tuh. Kalau terkena wajah, bisa bikin jerawat makin parah.

Penutup

Nah, itu dia sedikit review menghilangkan jerawat pasir yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat ya, dan sampai jumpa. 🙂

Leave a Comment!