Skincare untuk Kulit Kombinasi

Skincare untuk kulit kombinasi baik itu sensitif, bruntusan, berjerawat, kering, berminyak, dan komedo. Atau, buat kamu yang masih remaja ataupun sudah dewasa.

Ada nih rekomendasi produk skin care yang bagus untuk kulit kombinasi. Mulai dari cleanser, face wash, toner, serum, moisturizer, masker, dan produk lainnya.

Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi

Berikut ini beberapa produk skincare dari berbagai brand untuk merawat kulit kamu yang jenisnya kombinasi.

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

garnier micellar oil-infused cleansing water
@garnierindonesia – instagram.com

Produk skincare yang pertama ini adalah makeup remover. Produk dari Garnier yang dapat membersihkan wajah dengan efektif. Memiliki kandungan minyak yang bisa mengangkat kotoran dan sisa makeup.

Bahkan, kalau kamu menggunakan makeup waterproof sekalipun, bisa dibersihkan dengan produk ini. Selain itu, Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water menggunakan teknologi micellar dan argan oil, bagus untuk menutrisi kulit.

Ingredients dan formula yang digunakan pada produk ini juga ringan. Jadi, sangat aman digunakan untuk kulit kita. Setelah digunakan pun, kulit tidak berasa kering atau berminyak.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water dengan harga Rp40.000-an.

Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil

biore makeup remover perfect cleansing oil
shopee.co.id

Buat yang belum pernah cobain cleansing oil sebagai pembersih pertama, cobain deh. Apalagi yang sering menggunakan makeup dan wajahnya berminyak.

Minyak yang banyak dan melebihi kadar normal itu nggak bagus. Bisa bikin wajah mudah berjerawat. Apalagi kalau kita tidak membersihkan wajah dengan benar.

Udah wajah berminyak, kita sering menggunakan makeup juga. Kalau wajah tidak dibersihkan dengan baik, residu makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Kamu bisa menggunakan cleanser untuk membersihkan makeup dan wajah yang berminyak, Seperti Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil. Cleanser oil dengan tekstur ringan dan pembersih yang efektif.

Cukup gunakan 3-4 pump saja untuk memerbsihkan seluruh wajah jika kamu tidak memakai makeup. Setelah dibersihkan, tinggal bilas dengan air bersih deh.

Partikel cleansing oil dari Biore ini akan mengangkat sisa makeup, minyak, dan kotoran di wajah. Kotoran yang tidak bisa diangkat oleh water based cleanser juga bisa dengan mudah dibersihkan lho.

Kulit jadi lebih bersih dan nggak bikin terasa seperti berminyak setelah kita menggunakan produk ini.

Untuk harga, Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil dijual di kisaran harga 90 ribuan.

Clarins Cleansing Milk with Gentian

clarins cleansing milk with gentian
@clarinsid – instagram.com

Masih seputar skin care yang cocok untuk kulit kombinasi nih, dan ini masih cleanser. Sekarang ada produk bernama Clarins Cleansing Milk with Gentian.

Produk krim pembersih yang sangat cocok untuk kulit kombinasi dan berbagai tipe kulit. Kotoran dan makeup di wajah dapat dibersihkan dengan sempurna.

Clarins Cleansing Milk with Gentian menggunakan ingredients dari ekstrak tumbuhan asli. Seperti Hawthorn, Gentian, dan Sage. Ketiga bahan tersebut dapat menyeimbangkan kadar minyak dan membuat kulit glowing.

Selain itu, menggunakan produk ini secara rutin daat membuat kulit lebih elastis, lembut, dan terlihat segar.

Untuk harga, memang produk ini mahal banget sih. Kamu harus mengeluarkan sekitar 340 ribu rupiah untuk mendapatkan produk berkualitas ini.

Himalaya Purifying Neem Face Wash

himalaya purifying neem face wash
@himalayaherbalsindo – instagram.com

Produk dari Himalaya ini cukup mudah didapatkan. Jadi, masuk rekomendasi skincare murah untuk kulit kombinasi.

Himalaya Purifying Neem Face Wash ini merupakan sabun cuci muka yang dilengkapi dengan formula untuk membersihkan minyak berlebih dan kotoran di wajah.

Kandungan nimba yang ada di dalam produk ini ditambah kunyit, ternyata dapat membersihkan kulit wajah dengan sangat baik.

Setelah digunakan, produk ini juga nggak bikin wajah terasa kering dan tertarik. Hal ini karena busa dari produk ini tuh sedikit.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencarinya di drugstore atau supermarket terdekat. Harganya sekitar Rp25.000-an saja lho.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Produk yang cocok untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Ya, walaupun cleanser yang satu ini ditujukan buat orang bertipe kulit normal-sensitif.

Tapi, karena kandungan di dalamnya yang sedikit Sodium Laureth Sulfate (SLS), jadi produknya punya pH yang seimbang untuk kulit.

Dengan minimnya SLS tadi, produk ini tuh nggak bikin kulit kering. Terus, kandungan yang ada di dalamnya nggak membuat pori-pori kulit tersumbat. Hal ini tentu dapat meminimalisir munculnya jerawat.

Selain itu, ingredients di dalam Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak mengandung alkohol, parfum, dan bahan lain yang membuat iritasi kulit.

Emina Skin Buddy Dot Burst Face Wash

emina skin buddy dot burst face wash
blibli.com

Kamu mencari skincare emina untuk kulit kombinasi? Coba sabun wajah dari Emina yang satu ini. Emina Skin Buddy Dot Burst ini memiliki tekstur gel dengan butiran halus.

Terdapat kandungan hyaluronic acid yagn berfungsi sebagai pelembap. Ada juga calendula yang dapat menenangkan kulit.

Tertarik untuk mencoba produk ini?

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

cosrx low ph good morning gel cleanser
@cosrx_indonesia – instagram.com

Apakah kamu mencari skincare Korea untuk kulit kombinasi? Atau cari skincare COSRX untuk kulit kombinasi? Ada nih sabun cuci muka dari brand COSRX yang berasal dari Korea Selatan.

Produk ini cocok buat yang punya kulit kombinasi karena memiliki pH sekitar 5-6. Rentang pH tersebut mirip dengan pH alami kulit.

Kalau fungsinya, tentu saja untuk membersihkan wajah dari minyak dan kotoran. Produk ini juga dapat membersihkan sebum dan melembapkan kulit. Jadi, kulit berjerawat dan bruntusan bisa diminimalisir.

Terdapat kandungan tea tree oil yang dapat mengontrol minyak berlebih serta mengecilkan pori-pori. Kandungan BHA-nya akan membuat tekstur kulit wajah lebih baik. Sehingga, kulit jadi lebih halus.

Untuk mendapatkan produk ini, harganya lumayan mahal sih. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp130.000-an.

Emina Witch Power Face Toner

emina witch power face toner
femaledaily.com

Toner dari brand skincare lokal terbaik kulit kombinasi yang satu ini mungkin cocok buat kamu. Emina Witch Power Face Toner, toner murah yang bisa digunakan untuk kulit kombinasi.

Di dalam produk ini terdapat zinc gluconate yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih atau sebum. Ada juga kandungan witch hazel yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Cocok buat kulit berjerawat nih.

Menggunakan produk ini nggak bikin kulit jadi kering kok. Soalnya, ada formula di dalamnya yang membuat kulit jadi lebih lembap dan segar. Pori-pori kulit yang besar juga akan mengecil jika rutin digunakan.

Buat yang alergi dan sensitif sama alkohol, tenang aja. Produk ini tuh bebas alkohol. Dan yang paling bagus, harganya itu cukup terjangkau alias murah. Harga di pasaran untuk produk ini tuh sekitar Rp27.500.

Avoskin Miraculous Refining Toner

avoskin miraculous refining toner
@avoskinbeauty – instagram.com

Exfoliating toner biasanya digunakan setelah kita membersihkan wajah dengan facial wash. Penggunaan exfoliating toner ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan pH di kulit.

Nah, karena itu kamu bisa mencoba Avoskin Miraculous Refining Toner. Walaupun awal penggunaan akan terasa perih, tapi masih dapat ditoleransi kok.

Soalnya, produk ini tuh nggak bikin kulit jadi iritasi. Tinggal pakai hydrating toner dan moisturizer aja setelah menggunakan produk dari Avoskin ini.

Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan ahrga Rp90.000-an.

Nacific Fresh Herb Origin Serum

Masih mau lanjut kan skincare routine untuk kulit kombinasi? Produk berikutnya ini sempat hits dan menjadi primadona, Nacific Fresh Herb Origin Serum.

Produk ini menggunakan bahan alami sebagai ingredients-nya, yang tentu saja sangat bermanfaat untuk kulit. Terdapat juga antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit.

Terus, kenapa produk ini cocok untuk kulit kombinasi?

Karena, Nacific Fresh Herb Origin Serum punya kemampuan yang bagus dalam menyeimbangkan produksi minyak dan mempertahankan kelembapan kulit.

Selain itu, jika digunakan secara rutin, warna kulit akan jadi lebih merata. Buat yang kulitnya belang, cocok banget menggunakan produk ini nih.

Buat yang tertarik, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp150.000-an.

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

elsheskin active rejuvenating night serum
@elsheskin – instagram.com

Serum yang mengandung retinol, biasanya dikenal dapat membuat kulit iritasi, kering, dan jadi merah. Bahkan, sampai ada yang kulitnya mengelupas saat pekan pertama mencoba produknya.

Karena hal inilah yang membuat banyak orang menghindari produk dengan retinol bahkan sebelum mencobanya.

Namun, hal ini tidak terjadi pada ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum. Retinol yang ada di dalam prouk ini merupakan encapsulated retinol.

Dengan retinol yang dienkapsulasi, maka senyawa ini akan dilepas secara perlahan ketika diaplikasikan. Jadi, retinol yang ada tidak langsung kelihatan efeknya ketika dipakai.

Selain itu, terdapat kandungan hyaluronic acid dan niacinamide yang dapat menjaga kulit tetap lembap. Bahkan, untuk kulit sensitf, produk ini nggak bikin iritasi lho.

Seperti namanya, serum dari ElsheSkin ini digunakan saat malam hari. Tapi, jangan lupa menggunakan sunscreen keesokan harinya ya, hehehe.

Untuk harganya, cukup mahal sih. Kamu harus mengeluarkan uang sebanyak Rp240.000 dulu.

Natur-E Daily Face Cream

natur-e daily face cream
watson.co.id

Untuk menjaga kelembapan kulit, tentu saja dibutuhkan moisturizer. Salah satu produk moisturizer yang recomended buat kulit kombinasi adalah Natur-E Daily Face Cream.

Moisturizer dengan harga yang cukup terjangkau ini mungkin saja cocok dengan kamu. Terdapat 3 bahan alami, biji gandum, biji bunga matahari, dan aktivator. Bahan-bahan yang dapat membantu produksi kolagen dan elastin.

Selain untuk melembapkan, produk ini juga bisa melindungi kulit dari sinar UV lho.

Kalau kamu tertarik, harga dari produk ini cukup murah kok. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 25 ribuan.

The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream

the body shop seaweed oil-control gel creama
thebodyshop.co.id

Cari skincare routine untuk kulit kombinasi remaja ataupun dewasa yang berupa pelembap? Cobain deh The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream.

Salah satu produk The Body Shop yang dapat menjaga kelembapan kulit. Selain itu, produk ini juga dapat menjaga keseimbangan produksi minyak di wajah. Terutama, pada bagian T-zone.

Bentuk produknya itu gel, jadi mudah meresap ke dalam kulit. Tapi, sayangnya produk ini masih mengandung alkohol. Buat yang sensitif sama alkohol, cobain dikit dulu aja ya.

Kamu bisa mendapatkan produk dengan ukuran 50 ml seharga 200 ribuan.

Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15

cetaphil daily facial moisturizer spf 15
cetaphil.com

Masih cari-cari moisturizer atau pelembap untuk kulit kombinasi? Cobadeh Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15.

Produk dari Cetaphil ini adalah pelembap wajah yang bekerja ganda. Apa tuh? Kok kayak badminton aja?

Jadi, selain untuk melembapkan kulit, produk ini juga dapat melindungi kulit dari sinar UV. Dengan formula yang ringan, produknya itu tidak akan menyumbat pori-pori.

Ketika digunakan tentu akan sangat nyaman. Digunakan untuk area wajah yang berminyak juga oke kok.

Tapi, harganya cukup mahal sih. Soalnya, kamu harus mengeluarkan uang sebanyak kurang lebih Rp410.000-an untuk mendapatkannya.

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50+ PA++

cosrx aloe soothing sun cream spf 50 pa +++
tokopedia.com

Dari rangkaian skincare routine tentu ada yang namanya sunscreen. Nah, salah satu produk dari brand asal Korea Selatan ini mungkin bisa jadi pilihan.

COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50+ PA++ merupakan kombinasi dari chemical dan physical sunscreen. Jadi, produk ini akan melapisi kulit sehingga sinar UV dapat ditangkal.

Terus, sisa sinar UV akan diserap dan diubah menjadi panas sehingga nggak berbahaya. Karena itulah, sunscreen ini sangat cocok buat yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Eh, ada tapinya nih. Karena sebagian fungsi sunscreen dari COSRX merupakan physical sunscreen, produk ini punya tekstur yang mirip krim. Agak tebal dan sedikit berat gitu.

Jadi, ketika diaplikasikan, krimnya itu ngak bisa benar-benar meresap ke dalam kulit. Kalau kamu sudah biasa menggunakan produk ini, mungkin akan jadi biasa aja kok.

Nah, untuk harganya, produk ini dijual dengan harga 200 ribuan.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

biore uv aqua rich watery essence
@id.biore – instagram.com

Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi selanjutnya adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++.

Sebuah produk dari Biore yang memiliki kandungan aqua micro capsule. Ketika digunakan, maka akan membuat kulit terasa sejuk. Dan, tentu saja akan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Sunscreen dari Biore ini memiliki tekstur yang ringan. Walaupun ringan, tapi bisa mejaga kelembapan kulit lebih lama.

Tapi, di bagian kulit yang berminyak, ketika menggunakan produk ini akan terasa berminyak gitu.

Untuk kandungan di dalamnya, terdapat hyaluronic acid dan citrus essence. Kedua bahan ini dapat menjaga kelembapan kulit dan membuatnya lebih segar.

Buat yang pengen cobain produk recomended ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp90.000-an.

Tips Menggunakan Skincare untuk Kulit Kombinasi

skincare untuk kulit kombinasi remaja
unsplash.com

Buat yang masih belum tahu urutan penggunaan skincare routin, berikut ini ada beberapa tips buat kamu.

1. Sabun Muka Berbasis Air

Untuk kulit kombinasi, sebaiknya memilih sabun pembersih yang bahannya itu air. Sebab, pembersih berbasis air akan lebih ringan dan cepat menghilangkan kotoran. Selain itu untuk mencegah penyumbatan minyak pada pori-pori.

Pilih juga sabun muka yang teksturnya itu lembut, contohnya itu gel atau krim. Menggunakan sabun dengan tekstur lembut ini bertujuan agar bagian kulit yang sensitif tidak jadi iritasi.

2. Gunakan Toner yang Cocok dengan Kondisi Kulit

Kondisi kulit itu ada bermacam-macam, bisa kombinasi, berminyak, kering, jerawatan, bruntusan, komedo. Karena jenis kulit berbeda-beda, pastikan kamu sesuaikan bahan toner dengan kondisi kulitmu.

3. Eksfoliasi Kimiawi

Kulit kombinasi juga memerlukan eksfoliasi. Soalnya, kulit kombinasi ini ternyata rentan muncul jerawat dan komedo. Karena penumpukan sel kulit mati, terutama pada T-zone yang biasanya lebih berminyak.

Nah, kalau kamu cari produk eksfoliator, hindari yang pakai scrub kasar berbahan kimia ya. Soalnya, scrub kasar bisa membuat kulit yang kering jadi iritasi. Bisa-bisa, produksi minyak malah jadi lebih banyak.

Gunakan saja eksfoliator berbahan alpha atau beta-hydroxy acid (AHA atau BHA). Kedua bahan ini lebih bersahabat buat jenis kulit kombinasi.

Untuk hasil yang bagus, gunakan eskfoliator kimiawi 2-4 kali saja dalam seminggu. Gunakan rutin agar pori-pori kjulit jadi lebih bersih.

4. Memakai Pelembap

Kulit yang lembap adalah awal dari kulit sehat. Jadi, produk pelembap biasanya ada untuk semua jenis kulit. Tapi, buat kamu yang memiliki kulit kombinasi harus cermat ya.

Pilihlah pelembap yang tidak ada kandungan minyaknya. Carilah moisturizer yang ada kandungan gliserin, hyaluronic acid, niacinamide, dan beberapa jenis vitamin.

Bahan-bahan tersebut dapat menjaga kulit tetap lembap, mengurangi radang, dan bisa membantu produksi kolagen.

5. Jangan Lupa Sunscreen

Tabir surya, sunblock, atau sunscreen ini zaman sekarang penting banget. Soalnya, sunscreen dapat melindungi dari efek buruk UV. Pilihlah produk sunscreen yang menggunakan AHA dan SPF minimal 30.

Baca Juga: Urutan Menggunakan Skincare Routine dengan Benar

Penutup

Gimana? Skincare untuk kulit kombinasi entah itu berjerawat, kering, berminyak, bruntusan, atau komedo di atas ada yang kamu pengen nggak?

Kamu bisa coba produknya, tapi tetap ingat urutan pemakaian skincare untuk kulit kombinasi ya. Jangan kebalik-balik, soalnya nanti akan mengurangi efektivitasnya.

Selain produk skincare dari beberapa brand di atas, kamu bisa cari produk dari brand lainnya ya. Seperti Safi, Wardah, Hada Labo, Nivea, Oriflame, Ponds, Ratu, Innisfree, Some By Mi, Jafra, Pixy, Laneige, dan brand lainnya.

FAQ

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa jadi penawar rasa ingin tahumu, hehehe.

Krim wajah apa yang cocok untuk kulit kombinasi?

The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream, Natur-E Daily Face Cream, Nature Republic Super Aqua Max Cream, COSRX Oil-Free Moisturizing Lotion, dan produk lainnya.

Kulit kombinasi itu seperti apa?

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki perpaduan tipe. Misalnya kulit kering atau normal, tapi beberapa bagian wajahnya berminyak. Biasanya daerah yang berminyak ini di area hidung, dagu, dan dahi.

Ingredients apa saja yang cocok untuk kulit kombinasi?

Bahan yang cocok untuk jenis kulit kombinasi seperti niacinamide, gliserin, asam hialuronat, serta vatamin A, B, C, dan D. Semua bahan itu bisa menjaga kulit tetap lembap, mengurangi peradangan, dan membantu produksi sel baru serta kolagen.

Sunscreen apa yang cocok untuk kulit kombinasi?

Biore UV Aqua Rich Watery Essensce SPF 50+ PA++++, COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF50+ PA++, dan beberapa produk lainnya.

Pelembab apa yang bagus untuk kulit kombinasi?

Natur-E Daily Face Cream, The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream, Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15, dan produk moisturizer lainnya.

Apakah Emina bisa untuk kulit kombinasi?

Ada beberapa produk dari emina yang cocok untuk kulit kombinasi. Seperti misalnya Creamy Milk Cleansing Lotion, Bright Stuff Face Wash, Emina Witch Power Face Toner, Bright Stuff Moisturizing Cream, Apricot Jam Face Scrub, Aqua Infused Sleeping Mask, Emina Sun Protection Sun Screen, dan lainnya.

Bagaimana ciri-ciri kulit kombinasi?

Ciri kulit kombinasi itu bagian T-zone cenderung berminyak, bagian pipi cenderung kering, saat cuaca panas kulit terasa berminyak dan kering saat dingin.

Masker apa yang cocok untuk kulit kombinasi?

Gunakan clay mask atau masker tanah liat karena masker jenis ini lebih maksimal membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Leave a Comment