rekomendasi sunscreen untuk remaja

Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja

Rekomendasi sunscreen untuk remaja yang cocok dengan semua jenis kulit ada nggak sih? Jadi, bisa untuk yang kulitnya sensitf, kering, berminyak, normal, dan berjerawat.

Atau rekomendasi sunscreen untuk kulit kombinasi remaja. Jadi, yang kulitnya kombinasi juga bisa menggunakannya.

Nah, kalau kamu cari produk sunscreen yang bisa dipakai remaja, berikut ini beberapa produk yang recommended. Tapi sebelum bahas produknya, kita ulas sedikit mengenai sunscreen ya.

Apa itu Sunscreen?

Tentu kamu sudah tahu dong apa itu sunscreen?

Sunscreen adalah produk skincare yang berbentuk lotion, gel, spray, stick, atau foam. Produk yang dalam bahas Indonesia dikenal dengan tabir surya ini dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik itu UVA atau UVB.

Walaupun keduanya tidak baik untuk kulit, tapi UVA yang efek kerusakannya lebih parah karena bisa menembus bagian kulit terdalam.

Sedangkan untuk UVB, merupakan sinar yang panjang gelombangnya lebih kecil. Sehingga, UVB tidak tembus kaca dan awan. Tapi, radiasinya lebih kuat, terpapar UVB sebentar saja bias menyebabkan sunburn.

Dampak Sinar UV

Efek yang ditimbulkan dalam jangka pendek ketika terkena UV itu bermacam-macam.

  • Sunburn (kulit terasa terbakar matahari)
  • Kulit kusam
  • Warna kulit jadi gelap dan tidak rata
  • Dan, ada efek jangka panjangnya juga.
  • Kulit keriput
  • Penuaan dini
  • Kulit jadi kendor
  • Muncul noda hitam atau bercak kecoklatan
  • Risiko kanker kulit

Jenis Sunscreen

Ada dua jenis sunscreen untuk saat ini, yaitu sunscreen physical dan chemical.

Sunscreen physical cara kerjanya adalah membuat lapisan di permukaan kulit untuk menghalangi sinar UV agar tidak menembus kulit bagian dalam. Biasanya, bahan aktif dalam sunscreen jenis ini adalah zinc oxide dan titanium dioxide.

Sedangkan sunscreen chemical bekerja dengan membuat lapisan di permukaan kulit untuk menyerap energi radiasi UV. Sehingga, UV tidak langsung masuk ke kulit bagian dalam.

Sunscreen chemical ini biasanya mengandung bahan aktif seperti octisalate, cinnamates, dioxybenzone, ovybenzone. Nah, sunscreen jenis ini nih yang biasanya sering disebut sebagai sunblock.

Sedangkan di pasaran sendiri, sunscreen yang beredar adalah kombinasi dari dua jenis ini, physical dan chemical.

Manfaat Sunscreen

Dengan berbagai macam risiko di atas, tentu lebih baik melindungi kulit menggunakan sunscreen.

Nah, sunscreen ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar UV baik UVA dan UVB. Jadi, kulit juga dapat terhindar dari efek UVB yang menyebabkan sunburn.

Selain itu, menggunakan sunscreen secara rutin juga dapat mencegah risiko kanker kulit. Karena, paparan sinar UV yang terlalu sering itu dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sunblock itu merupakan istilah yang digunakan dulu sebelum sekarang disebut sebagai sunscreen. Sebab, istilah sunblock ini kurang tepat karena tidak ada kandungan di dalamnya yang bisa memblok sinar UV.

Bahkan, di Amerika, kata sunblock ini juga sudah dilarang FDA (instansi yang mirip seperti BPOM di Indonesia).

Jadi, istilah sunblock kini sudah tidak dipakai lagi. Digantilah dengan isitlah yang lebih tepat, yaitu sunscreen.

Apa Perbedaan SPF dan PA?

Biasanya, di kemasan sunscreen kan suka ada tulisan SPF dan PA tuh, apa bedanya?

Nah, ini juga pengetahuan yang perlu kamu tahu bedanya SPF dan PA.

SPF adalah standar UV protection untuk melindungi kulit kita dari UVB. Sedangkan PA merupakan standar UV protection untuk melindungi kulit dari UVA.

Jadi, semakin besar kadar SPF dan PA di dalam sebuah produk skincare, maka makin besar juga perlindung pada kulit kita.

Cara Pakai Sunscreen

Sebelum masuk ke rekomendasi sunscreen untuk remaja, ada cara menggunakan sunscreen yang baik dan benar nih.

  • Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30.
  • Produk yang dipilih tergantung kondisi kulit masing-masing ya. Jika kulit kamu sensitif, pilih jenis sunscreen physical.
  • Aplikasikan sunscreen pada bagian yang tidak tertutup pakaian. Mulai dari wajah, leher, tangan, dan kaki.
  • Direkomendasikan menggunakan sunscreen sebanyak 1 sendok teh pada area wajah, leher, dan kepala, serta untuk tangan.
  • Sedangkan untuk area dada dan punggung, sekujur paha sampai kaki, masing-masing butuh sekitar 2 sendok teh sunscreen (ini juga kamu berjemur di pantai menggunakan pakaian terbuka ya).
  • Sunscreen ini digunakan pada step terakhir skincare routine. Kalau kamu pakai makeup, maka sunscreen digunakan sebelum makeup.

Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja

Menurut American Academy of Dermatology, sunscreen terbaik adalah yang bisa digunakan berulang kali. Pastikan juga kamu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Dan kalau bisa yang tahan air.

Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ Sun Protection

emina sun battle spf 30
@eminacosmetics – instagram.com

Rekomendasi sunscreen murah untuk remaja yang pertama adalah produk sunscreen Emina. Merupakan jenis lotion yang ringan dan nggak lengket. Teksturnya itu lotion tapi ringan seperti gel cream gitu.

Menggunakan produk yang tidak men-tone up atau mencerahkan kulit instan ini nggak bikin kulit jadi berwarna keabu-abuan gitu.

Wangi dari produk Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ Sun Protection ini juga segar. Aromanya tidak menyengat sehingga nyaman digunakan.

Ketika diaplikasikan ke seluruh wajah, hasilnya semi matte. Jadi, wajah nggak kelihatan berminyak dan produk ini membantu mengunci minyak yang berlebih.

Rekomendasi sunscreen untuk remaja yang cocok buat segala jenis kulit, mau kulit normal, berminyak, kering, berjerawat, bahkan yang kulit sensitif.

Kalau kamu punya kulit berminyak dan berjerawat, ingin membeli produk ini, harganya cukup murah kok. Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ Sun Protection ini dijual dengan harga sekitar Rp23.000-an.

Azarine Hyadrosoothe Sunscreen Gel SPF 45

azarine hydrasoothe sunscreen
@azarinecosmeticofficial – instagram.com

Rekomendasi sunscreen untuk remaja dari Azarine nih. Sunscreen Azarine cukup tren akhir-akhir ini. Sebab, produk ini tuh memiliki tekstur gel yang cepat meresap ke dalam kulit. Setelah diaplikasikan, kamu tidak merasakan ada sisa yang lengket gitu.

Sensasi ketika menggunakan produk ini juga dingin. Jadi, kulit nggak cuma terlindungi dari UV, tapi juga menyejukkan kulit.

Ingredients produk ini juga menggunakan bahan alami seperti aloe vera, propolis, pomegranate, dan green tea. Jadi, segala jenis kulit akan cocok menggunakan produk ber-SPF tinggi yang ringan ini.

Untuk harganya, produk sunscreen Azarine ini dijual dengan harga Rp60.000-an.

Biore UV Tone UP Clear Skin Make Up Sunscreen SPF 50 PA++++

Rekomendasi sunscreen untuk remaja selanjutnya adalah Biore UV Tone UP Clear Skin Make Up Sunscreen SPF 50 PA++++.

Produk dari Biore ini menggunakan bahan pure lavender dan prism powder. Ingredients yang akan membuat kulit tampak lebih cerah secara natural. Tentu selain untuk melindungi kulit dari UV ya.

Selain berfungsi sebagai sunscreen, produk ini juga dapat digunakan sebagai primer. Produk yang waterproof, tidak lengket, dan tentu aman digunakan untuk segala jenis kulit.

Buat yang butuh produk seperti ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp100.000-an.

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

wardah uv shield aqua fresh essence spf 50
@wardahbeauty – instagram.com

Produk rekomendasi sunscreen wajah untuk remaja selanjutnya adalah sunscreen Wardah. Produk lokal yang namanya tentu sudah nggak asing lagi di telinga kita.

Dengan SPF yang tinggi, membuat produk ini memiliki waktu perlindungan yang lebih lama. Jadi, cocok banget buat yang aktif berkegiatan di luar ruangan.

Tektur dari produk Wardah ini tuh lotion cair yang ringan. Sehingga, produknya mudah meresap ke dalam kulit. Hasil setelah pemakaian nggak ada white cast dan bikin wajah jadi glowing.

Kalau kamu cari merk sunblock wajah untuk remaja tanpa alkohol, bisa coba Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++. Sebab, produk ini tanpa menggunakan alkohol, jadi aman juga untuk kulit sensitif.

Untuk harganya, kalian bisa mendapatkan produk ini dengan harga kisaran 45 ribuan.

Skin Aqua Moisture Milk SPF 50 PA+++

skin aqua uv moisture milk spf 50
@skinaquaid – instagram.com

Rekomendasi sunscreen terbaik untuk remaja selanjutnya adalah Skin Aqua Moisture Milk SPF 50 PA+++. Sunscreen untuk kulit kering ini sepertinya paling cocok deh buat kamu.

Kulit berjerawat juga akan terlindungi dari UV kok dengan menggunakan produk ini. Hasil akhir setelah penggunaan produk ini adalah matte. Cocok tentunya dengan kulit kering kamu.

Harganya cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp45.000-an.

Nivea Sun Protect & White Serum SPF 50+ PA+++

nivea sun protect white serum spf 50
nivea.com

Rekomendasi tabir surya untuk remaja selanjutnya adalah produk dari Nivea. Walaupun teksturnya kental, produk ini tetap mudah diratakan dan cukup cepat meresap ke dalam kulit.

Kalau kamu tertarik, di pasaran, harga produk ini kisaran Rp45.000-an.

Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick

Rekomendasi sunscreen untuk remaja selanutnya adalah Nature Republic California Aloe Fresh Powdery Sun Stick. Sunscreen yang satu ini bentuknya cukup ini, karena berupa balm stick gitu. Jarang soalnya yang bikin produk dengan bentuk seperti ini.

Tekstur dari sunscreen Nature Republic ini powdery, jadi wajah akan terlihat lebih halus seperti kita pakai bedak. Penyerapan produknya juga cukup cepat dan nggak bikin kulit jadi greasy.

Dengan SPF yang tinggi, produk ini juga memiliki daya melindungi yang kuat. Tapi, harganya cukup mahal, hehehe. Kamu harus merogoh kocek sekitar Rp170.000-an untuk bisa membeli produk ini.

Baca Juga: Review Pemakaian Wardah White Secret untuk Kulit Berminyak

Penutup

Nah, itu dia rekomendasi sunscreen untuk remaja dan harganya. Mungkin bisa digunakan untuk usai 12 tahun, 14 tahun, sampai dewasa juga bisa.

Sunscreen recommended untuk remaja pria ataupun wanita bisa kamu dapatkan di toko terdekat di kota kamu. Kalau mau yang lebih gampang, bisa langsung cari online di marketplace.

Semoga rekomendasi sunblock murah untuk remaja dan juga sunscreen wajah terbaik di atas membantu kamu ya.

Leave a Comment!